Dasar dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi Makhluk Hidup Dasar dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup
Dasar dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup – Alhamdulilah akhirnya saya bisa juga membuat blog. Walau masih pemula, saya berharap tidak mengurangi semangat anda dalam belajar, khususnya belajar materi biologi. Kali ini ada kesempatan pertama buat saya berbagi informasi mengenai materi biologi kelas X semester gasal. Bab yang akan kita pelajari adalah Klasifikasi Makhluk Hidup. Sub bab yang akan kita pelajari dikhususkan dasar dan tujuan klasifikasi makhluk hidup.

Dasar dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Di bawah ini tulisan Bu Hana yang lain yang wajib anda pelajari sebelum lanjut ke materi selanjutnya :
Jika pergi ke supermarket atau pasar, Anda akan melihat deretan buah yang disusun rapi. Buah jeruk dikelompokkan dalam satu tempat. Demikian pula den¬gan buah mangga, buah pisang, buah apel, dan buah pepaya. Buah-buahan terse¬but dikelompokkan dan diletakkan di tempat tersendiri. Melalui pengelompokan ini, pengunjung atau pembeli akan lebih mudah mencari buah yang diinginkan¬nya. Apa yang terjadi jika buah-buahan tersebut bercampur di tempat yang sama?
Demikian pula dengan makhluk-makhluk hidup lainnya. Makhluk hidup yang ada di bumi ini jumlahnya begitu banyak. Agar mudah dipelajari, makh-luk-makhuk hidup tersebut dikelompokkan atau diklasifikasikan. Apakah yang dimaksud dengan klasifikasi?

Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup - Biologi Kelas X

Dasar dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup Dasar dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup
Carolus Linnaeus sebagai Bapak Klasifikasi
Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu. Sejak zaman dahulu kala, manusia telah mencoba untuk mengelompok¬kan (mengklasifikasi) hal-hal yang memiliki persamaan. Sebagai contoh, manusia selalu mengklasifikasi makhluk hidup. Pada awalnya, manusia hanya membeda¬kan antara tumbuhan dan hewan. Selanjutnya, manusia membagi lagi tumbuhan dan hewan menjadi beberapa kelompok berdasarkan manfaatnya, misalnya tum¬buhan pangan, tumbuhan obat, dan tumbuhan beracun.
Pada masa kini, semua ahli biologi menggunakan suatu sistem klasifikasi untuk mengelompokkan tumbuhan ataupun hewan yang memiliki persamaan struktur. Kemudian, setiap kelompok tumbuhan ataupun hewan tersebut dipa-sang-pasangkan dengan kelompok tumbuhan atau hewan lainnya yang memiliki persamaan dalam kategori lain. Hal itu pertama kali diusulkan oleh JohnRay (1627-1708) yang berasal dari Inggris. Namun, ide tersebut disempurnakan oleh Cari von Linne (1707—1778), seorang ahli botani berkebangsaan Swedia yang pada masa sekarang dikenal dengan nama Carolus Linnaeus.
Sistem klasifikasi yang pertama kali dikenal adalah sistem klasifikasi yang dibuat oleh Aristoteles (384-322 SM) pada abad ke-4 SM. Aristoteles menge¬lompokkan hewan berdasarkan kriteria tertentu, seperti cara reproduksinya dan ada tidaknya darah merah. Seorang murid Aristoteles bernama Theophrastus mengklasifikasi tumbuhan berdasarkan kegunaan dan cara-cara penanamannya.
Sistem klasifikasi Linnaeus tetap digunakan sampai sekarang karena sifatnya yang sederhana dan fleksibel sehingga suatu organisme baru tetap dapat efimasuk-kan dalam sistem klasifikasi tersebut dengan mudah. Nama-nama yang digunakan dalam sistem klasifikasi Linnaeus ditulis dalam bahasa Latin karena pada zaman Linnaeus bahasa Latin adalah bahasa yang dipakai dalam pendidikan resmi.
Klasifikasi yang dapat dipelajari dalam cabang biologi yang dinamakan tak¬sonomi. Ilmu tersebut mempelajari Identifikasi (pemberian nama) dan klasifikasi (pengelompokan) makhluk hidup berdasarkan aturan-aturan tertentu.

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup | Biologi Kelas X

Makhluk hidup yang ada di bumi ini sangat beraneka ragam, baik ukuran, bentuk, struktur tubuh, maupun cara hidupnya. Untuk memudahkan kita dalam mempelajari keanekaragaman makhluk hidup tersebut, para ahli biologi kemu¬dian membuat klasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan sifat yang dimiliki oleh makhluk-makhluk hidup tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Statistic

Translate